31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Jum'at, 24 November 2017 / 5 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Sabtu, 11/11/2017  23:55 WIB

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Agam Dilaksanakan di Halaman Polres Agam

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Agam Dilaksanakan di Halaman Polres Agam

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Agam dilaksanakan di halaman Polres AGam, Jumat (10/11/2017). Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah bertindak  selaku inspektur upacara.

Pada kesmepatan itu Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawansa. Mensos menyebutkan, berbagai sejarah kepahlawanan mengisahkan tentang menyala-nyalanya api "harapan," yang menjadi pemantik berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan.

Begitu pula Republik Indonesia, ketika diproklamirkan dengan keberanian, tekad, pemikiran orisinal tentang kehidupan bernegara, yang tertuang dalam Pancasila UUD 1945, dan pengorbanan yang besar, maka berkat rahmat Allah yang maha kuasa, dengan didorong oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Keberanian itu dapat digerakkan melalui sebuah modal tak ternilai, dan tidak kasat mata. Saat ini, harapan akan masa depan yang lebih baik telah ditambatkan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden H. M. Jusuf Kalla, melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan, dan menghimpun gerak seluruh elemen RI yaitu, terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotongroyong.

Dalam rangka mewujdkan visi tersebut, telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut Nawa Cita, dan dikategorisasikan ke dalam tiga ranah, yaitu ranah mentalkultural, material, dan politik.

"RI yang berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat dinikmati terus kemerdekaannya, karena para pahlawan pendahulu mengajarkan kita keteladanan rela berkorban," ujarnya lagi..

Dalam sambutan itu ia mengungkapkan riwayat RI menorehkan banyak teladan tentang semangat dalam memberi semangat berkorban untuk menjaga persatuan Indonesia. Semangat kebangsaan juga dikenang hari ini, di Hari Pahlawan, seperti sebuah nasionalisme yang dilandasi kemanusiaan universal, bukan nasionalisme yang sempit.

Dengan demikian, melalui sambutannya Menteri Sosial mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat maupun bagi Republik Indonesia.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: