31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Jum'at, 24 November 2017 / 5 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Jumat, 27/10/2017  20:27 WIB

Satu Bulan Siap Panen, Bibit Ikan Kembali Ditebar di Tabek Gadang

Satu Bulan Siap Panen, Bibit Ikan Kembali Ditebar di Tabek Gadang

Bupati Agam melalui Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam Ermanto, kembali melepaskan bibit ikan ke Tabek Gadang Surau Kamba, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (26/10).

Ermanto mengatakan, satu bulan lalu tabek gadang Surau Kamba sudah dipanen, dan hasilnya sangat memuaskan. Saat ini tabek gadang tersebut kembali diisi bibit ikan jenis koi sebanyak 4.000 ekor.

"Potensi kolam tabek gadang itu sebagai budidaya ikan air tawar cukup bagus, apalagi letaknya di pinggir jalan raya. Setiap masyarakat lewat selalu melihat keindahan kolam yang cukup luas milik Masjid Istiqamah Surau Kamba, bahkan masyarakat ikut serta memberi makan ikan tersebut," ujarnya.

Dikatakannya, dengan ditambah melepaskan beih ikan, tentu pemeliharaannya, dan kolam menjadi lebih baik. Kolam itu merupakan aset Masjid Istiqamah Surau Kamba, di samping hasil panen nantinya memuaskan, keberadaan kolam juga dapat sebagai objek rekreasi melepas lelah setiap sore sambil memberi makan ikan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan ( UPT-BP4K2P) Kecamatan Ampek Angkek Arwin Bambang, yang turut hadir mengatakan, tabek gadang surau Kamba tersebut, di samping tempat budidaya ikan air tawar, juga sumber pengairan air sawah bagi masyarakat tani sekitar.

Pemuka masyarakat Jorong Surau Kamba, sekaligus pengurus Masjid Istiqamah Zetria Edison St. Bandaro Kayo menjelaskan, kolam tabek gadang itu sebelumnya memang kurang terawat, terutama lumpurnya cukup tebal. Dengan adanya kata sepakat, pengurus masjid mengajukan permohonan bantuan kepada Bupati Agam untuk melakukan pengurasan lumpur kolam. Alhamdulillah permohanan tersebut direspon bupati dengan mendatangkan 2 unit alat berat untuk melakukan pengerjaan menguras lumpur kolam.

"Selesai pengurasan kolam, bantuan juga melangalir dari bupati berupa pupuk delomit, pakan ikan, serta bibit ikan untuk kolam tabek gadang Surau Kamba tersebut," ujarnya.

Ia mengungkapkan, atas nama pemuka masyarakat, dan pengurus Masjid Istiqamah Surau Kamba, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, yang telah memberikan bantuan perbaikan kolam, serta bibit ikan yang diberikan selama ini.

Dengan demikian, pengurus masjid bersama pemuka masyarakat, juga mengharapkan bantuan Pemerintah Kabupaten Agam, dalam pengadaan permainan anak-anak, berupa sepeda dayung berbentuk itik untuk kelengkapan sarana wisata di kolam tabek gadang Surau Kamba.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: