17 Desember 2017

-

Menghadiri Tablig Akbar dan Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H dengan Pembicara Buya Drs. H. Abubakar Syarif. M, Hi (Pensiunan Hakim Tinggi Agam Jakarta)

-

Malewakan Gala Sako Pasukuan Koto Payuang Panji Dt. Sati, Nagari Balingka Kecamatan IV Koto

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Rabu, 18/10/2017  17:50 WIB

Pemkab Agam Targetkan 71 Hektare Tereasi Cetak Sawah Baru

PemkabAgamTargetkan71HektareTereasiCetakSawahBaru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat, mengharapkan target seluas 71 hektare dapat terealisasi tahun ini, setelah tahun sebelumnya realisasi cetak sawah baru di Kabupaten Agam seluas 59 hektar sukses dilaksanakan sesuai target.

 

"Saat ini seluas 8,8 Ha cetak sawah baru tahun 2017 ini telah ditanami, dengan pertumbuhan padi yang cukup baik, di samping itu Distan Agam dan Mabes TNI melakukan evaluasi cetak sawah," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir. Afdhal, di Lubuk Basung, Rabu (18/10).

 

Ditambahkan, Afdhal, pihaknya mengakui kondisi lahan yang berat di beberapa tempat juga menimbulkan kesulitan mudah-mudahan akhir November 2017 mampu mencapai target 71 ha tersebut.

 

Dengan bertambahnya luas tanam lahan sawah ini juga akan meningkatkan produksi padi di Kabupaten Agam, Dimana baru-baru ini Kabupaten Agam telah menerima penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) dengan peningkatan produksi beras padi 13,93 persen, tertinggi di Sumatera Barat.

 

Agar cetak sawah cepat terealiasasi, pada Jumat (13/10), Dinas Pertanian Kabupaten Agam beserta jajaran TNI, yang dipimpim langsung Brigjend TNI, M. Afis, selaku Ketua Tim Evaluasi dan Pengawasan Cetak Sawah Mabes AD, melakukan kunjungan untuk melihat langsung pelaksanaan cetak sawah baru itu.

 

Dalam kunjungan itu dari target 71 ha, baru terealisasi seluas 22,8 Ha. Artinya masih ada 47,2 Ha lagi yang harus dikebut pelaksanaannya. Untuk itu, M Afis meminta jajaran TNI, dalam hal ini Kodim 0304 Agam, untuk segera mungkin menuntaskan pekerjaan tersebut, di antaranya dengan menambah alat berat sebanyak 2 unit dari yang beroperasi saat ini, sebanyak 3 unit.

 

"Dengan 5 alat berat diharapkan tiap hari harus selesai 1 Ha, agar target tersebut dapat tercapai," tutur M. Afis.

 

Cetak sawah baru telah menjadi agenda nasional untuk mendukung swasembada pangan, yang ditargetkan oleh pemerintah, tak terkecuali di Kabupaten Agam. Sebagai sentral pangan di Sumatera Barat, seluas 71 ha cetak sawah baru menjadi target untuk direaliasasikan tahun 2017, yang berlokasi di Kecamatan Tanjung  Mutiara.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: