17 Desember 2017

-

Menghadiri Tablig Akbar dan Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H dengan Pembicara Buya Drs. H. Abubakar Syarif. M, Hi (Pensiunan Hakim Tinggi Agam Jakarta)

-

Malewakan Gala Sako Pasukuan Koto Payuang Panji Dt. Sati, Nagari Balingka Kecamatan IV Koto

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Senin, 09/10/2017  21:41 WIB

Wabup Agam : Nagari Ujung Tombak Pembangunan

Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah

Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah mengatakan, nagari sebagai ujung tombak pembangunan, yang diberikan kewenangan, dan dibekali dengan sumber daya yang besar. Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah, termasuk pemerataan pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi.

"Cuma disatu sisi, tentu harus diiringi dengan kemampuan, kesiapan, kapasitas, pengelolaan, keuangan, dan perencanaan di tingkat nagari," ujar Trinda Farhan Satria, saat membuka Pelatihan Pengelolaan Keuangan Nagari Bagi Tim Koordinasi Perencanaan, dan Pembangunan Nagari, serta Tim Rekonsiliasi Laporan Keuangan Nagari, di Hotel Nuansa Maninjau, Senin (9/10).

Disisi lain, walaupun dana besar, tapi tidak diikuti dengan kapasitas pengelolaan, dan pemahanan, penguasaan, pengontrol, pengawas, dan pembinaan, akibatnya bisa terjebak pada dua ekstrim.

Ekstrim dimaksud yaitu, pertama pemerintahan nagari takut untuk membelanjakan dana nagari, akibatnya timbul silpa yang luar biasa. Yang rugi tentu masyarakat, karena tidak jadi dana berputar untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi di tingkat nagari.

Namun sebaliknya, berani membelanjakan dana, tapi tidak mengindahkan aturan main. Ini tidak diinginkan, jangan sampai wali nagari, dan perangkat nagari nantinya berurusan dengan hukum.

"Untuk itu, salah satu yang bisa banyak membantu dari sisi nagari, yaitu kecamatan, yang merupakan perantara dari pemerintah daerah dengan nagari," ujarnya.

Lebih lanjut wabup mengungkapkan, pelatihan ini dilakukan untuk perangkat kecamatan, yang berfungsi untuk membantu mengevaluasi, merevisi, dan pengawasan. Untuk itu, dalam penguasaan kapasitas, kecamatan harus lebih tau, dan menguasai dari nagari, dan di sini lah pentingnya pembekalan yang dilakukan tersebut.

"Dengan hal demikian, nanti permasalahan di nagari bisa terkelola dengan baik, kita ingin kapasitas pengelolaan pemerintahan terus meningkat, terutama di tingkat kecamatan," ujarnya bertegas-tegas.

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Kabupaten Agam Indra, Dt. Baradai mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan aparatur pemerintah kecamatan, khususnya Tim Rekonsiliasi Laporan Keuangan Nagari, dan Tim Koordinasi Perencanaan Pembangunan Nagari dalam melaksanakan tugas, dan fungsinya.

Selain itu, juga menyamakan pemahaman terhadap tugas camat dalam membina, dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan nagari, khususnya berupa fasilitasi pengelolaan keuangan nagari, dan memperkuat peran serta fungsi kecamatan dalam mewujudkan pemerintahan nagari yang tertib, akuntabel, dan transparan.

Dikatakannya, pelatihan tersebut diikuti 32 peserta, masing-masing kecamatan mengirim dua orang. Kegiatan itu berlangsung dua hari, Senin (9/10), dan Selasa (10/10).

Materi dalam pelatihan adalah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Nagari dengan Perencanaan Pembangunan Daerah, Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Nagari serta Pelaksanaan Kegiatan Pisik, Fungsi Tim Rekonsiliasi Laporan Keuangan Nagari, Sinkronisasi Anggaran Serta Perencanaan Nagari, dan Penatausahaan serta Pelaporan Keuangan Nagari Berbasis Siskeudes.

Narasumber adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Drs. H. Martias Wanto, MM, Kepala Bappeda Agam Welfizar, Kepala DPMN Rahmad Lasmaono, dan Kepala Bidang Keuangan. 

 

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: