31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Kamis, 19 Oktober 2017 / 28 Muharram 1439 H
Berita Detil

Minggu, 08/10/2017  21:28 WIB

Ribuan Jamaah Ikuti Wirid Dakwah Yasinan Sumbar di Lubuk Basung

Jamaah Wirid Dakwah Yasinan

Ribuan jamaah mengikuti Tabligh Akbar Forum Wirid Dakwah Yasinan Provinsi Sumatera Barat ke-33, dalam rangka memperingati tahun baru 1439 hijriyah, di Masjid Nurul  Amal Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Minggu (8/10).

Pada kesempatan itu, hadir Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah, Ketua DPW Forum Dakwah Yasinan Sumbar, Midarlen, Spd. M.Si, Camat Lubuk Basung, Drs. Murni Idrus Dt. Rajo Agaek Nan Kuniang  , Wali Jorong Sungai Jariang, pengurus Masjid Nurul Amal, masyarakat dan Jamaah Wirid Dakwah Yasinan se- Provinsi Sumatera Barat, dengan penceramah Dr. Taufik, MA, dari Jakarta.

Trinda Farhan Satria mengapresiasi digelarnya wirid dakwah yasinan di Kabupaten Agam, bahkan jamaah luar biasa ramainya untuk mengikuti kegiatan keagamaan itu. Dengan diangkatnya acara tersebut, secara langsung dan tidak langsung mendukung program Pemerintah Kabupaten Agam, yang baru saja di launching satu pekan lalu yaitu,  Gerakan Nagari Madani.

"Dengan semakin banyak kegiatan syiar dalam skala besar ini, secara otomatis akan memperngaruhi lingkungan untuk semakin menyemarakkan, dan membiasakan diri dengan kegiatan-kegiatan keislaman," ujarnya.

Menurutnya, dengan tajuk majelis yasin, disitu terselip majelis yang senantiasa berinteraksi dengan Al-Quar'an, dan ini sejalan dengan kriteria pertama dalam program Gerakan Nagari Madani, di mana bertujuan untuk mengakrabkan, menghidupkan, dan mendekatkan kembali masyarakat yang ada di pelosok nagari dengan Al-Qur'an.

Untuk itu, di katakan Trinda, dengan ramainya jamaah wirid dakwah yasinan ini, berkesempatan pula menyampaikan program Gerakan Nagari Madani pada jamaah tersebut. Jika pun ada baiknya, jamaah bisa menularkannya pada yang lain.

Pada kesempatan itu, Ketua DPW Dakwah Yasinan Midarlen menyebutkan, acara ini digelar sekali enam bulan. Sebelumnya wirid dakwah yasinan ke 32 menjadi tuan rumah yaitu Kota Padang, pada April 2017, di Masjid Raya Sumbar.

"Pada saat itu, forum langsung melakukan rapat untuk menentukan tuan rumah berikutnya. Namun, melalui rapat yang dilakukan itu, diputuskanlah Kabupaten Agam sebagai tuan rumah wirid dakwah yasinan ke 33," ujarnya.

Sebulan sebelum kegiatan itu digelar, DPW sudah melakukan peninjauan lokasi ke Kabupaten Agam, khususnya di Lubuk Basung untuk melihat lokasi, ternyata sekian banyak masjid yang dikunjungi, Masjid Nurul Amal lah yang dipilih DPW, selain lokasi luas, juga memiliki masjid yang cukup besar, bahkan peserta tumpah ruah hingga ke luar tenda.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, dalam kegiatan itu nanti akan ditentukan siapa menjadi tun rumah wirid dakwah yasinan ke 34. Namun, sebelumnya sudah ada usul yang menjadi tuan rumah wirid dakwah yasinan ke 34 yaitu Kabupaten Tanah Datar, tapi itu perlu dirapatkan kembali.

"Tapi kita berharap Kabupaten Sijunjung menjadi tuan rumah, yang merupakan jamaah baru dalam wirid dakwah yasinan tersebut," ujarnya. 

 

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: