31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Selasa, 12 Desember 2017 / 23 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Rabu, 04/10/2017  16:54 WIB

DPKP Agam Tingkatkan Produksi Bibit Ikan di UPT BBI Lubuk Basung

Kolam Ikan

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berupaya meningkatkan produksi bibit ikan jenis nila sebanyak 390 ribu ekor semenjak Januari sampai 29 September 2017, pada Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Ikan (UPT BBI) Lubuk Basung 

"Bibit ikan ini berasal dari induk ikan yang telah memiliki sertifikat dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi," kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto di Lubuk Basung. Selasa (04/09).

Sebanyak 390 ribu ekor bibit ikan tersebut telah disalurkan kepada warga di 16 kecamatan, dalam upaya mendukung Program Agam menyemai. Penyaluran bibit tersebut untuk warga yang telah mengajukan permohonan kepada bupati.

Bibit ikan ini berasal dari 400 induk ikan nila jenis gesit dan nirwana, yang berada di UPT BBI Lubuk Basung. Pada 2017, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam menargetkan untuk memproduksi sebanyak satu juta ekor bibit ikan di BBI Lubuk Basung.

"Saat ini induk ikan telah dipijahkan atau proses pembuahan, beberapa hari ke depan akan menetas," ujarnya.

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Ikan (UPT BBI) Lubukbasung telah memiliki 15 unit kolam pembibitan ikan.

Selain pembibitan, BBI Lubuk Basung juga mempunyai wewenang untuk melakukan pembinaan unit pembibitan rakyat di daerah itu. Pembinaan ini dilakukan setiap minggu, agar bibit yang dihasilkan berkualitas.

"BBI juga sering dikunjungi siswa SMKN 1 Tanjung Mutiara untuk melakukan praktek lapangan," katanya. 

 

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: