16 Desember 2017

-

Menghadiri Seminar “ Transformasi Tata Kelola Pemerintah Nagari Era Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014’ dalam Rangka Penigkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari Serta Iplementasi Undang-Undang

-

Menghadiri acara Sejuta Cinta untuk Bunda dalam rangka menyongsong Hari Ibu dari Indojalito Jakarta

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 22 Januari 2018 / 5 Jumadil Awwal 1439 H
Berita Detil

Rabu, 13/09/2017  12:58 WIB

Satgas Saber Pungli Agam Mulai Unjuk Gigi

SatgasSaberPungliAgamMulaiUnjuGigi

Unit Pemberantas Pungli (UPP) atau Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Agam, mulai unjuk gigi. Korbannya adalah oknum MA (53), Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor dan Perbengkelan pada Dinas Perhubungan Agam.

 

Sang oknum memang sudah lama jadi bahan gunjingan warga, terutama yang berurusan dengannya. Ia ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Senin (11/9/2017) di kantor tempatnya bekerja.

 

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, didampingi Ketua Tim Saber Pungli, yang juga Waka Polres Agam, Kompol Aksalmadi, dan Satgasnya Iptu M.Reza kepada wartawan, Selasa (12/9) menjelaskan, MA terjerat kasus dugaan pungutan liar dalam OTT, dalam kegiatan pengurusan pemeriksaan/pengujian kendaraan bermotor (KIR).

 

“MA terindikasi melakukan tindak pidana pungutan liar dalam menjalankan tugasnya, dalam pengujian kendaraan bermotor menerima uang pembayaran KIR melebihi nominal yang ditetapkan dalam aturan yang ada,” ujarnya..

 

Dugaan pungli dengan modus menerima uang pembayaran KIR melebihi nominal yang ditetapkan dalam Perda Agam Nomor 1 tahun 2012, tentang Retribusi Jasa Umum, dan Perbup Agam Nomor 13 Tahun 2016, tentang Perubahan Tarif Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

Dari kegiatan tersebut telah diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp1.270.000. uang tersebut hasil pembayaran KIR pada hari penangkapan.

 

Selain itu, juga diamankan uang tunai sebanyak Rp 1.464.500 sebagai uang hasil pembayaran KIR dari tanggal 6 Sep sampai 8 Sep 2017. Uang ini belum disetorkan ke kas daerah, serta 16 berkas uji kendaraan bermotor.


Dijelaskan, OTT tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat, tentang adanya praktek pungli di lingkungan Dishub Agam. Atas informasi tersebut, Satgas Penindakan melaksanakan OTT. Kini tersangka masih diperiksa oleh Sat Reskrim Polres Agam.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: