16 Desember 2017

-

Menghadiri Seminar “ Transformasi Tata Kelola Pemerintah Nagari Era Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014’ dalam Rangka Penigkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari Serta Iplementasi Undang-Undang

-

Menghadiri acara Sejuta Cinta untuk Bunda dalam rangka menyongsong Hari Ibu dari Indojalito Jakarta

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

» jadwal kegiatan lainnya

Kamis, 18 Januari 2018 / 1 Jumadil Awwal 1439 H
Berita Detil

Selasa, 12/09/2017  10:33 WIB

Teknologi Jajar Legowo Tingkatkan Penghasilan Komiditi Padi

TeknologiJajarLegowoTingkatkanPenghasilanKomiditiPadi

Camat Kamang Magek, Kabupaten Agam, Harmezi melakukan panen padi perdana hasil uji coba teknologi jajar legowo, di kawasan kelompok tani Binuang Kamang Mudiak, Kamis (7/9). Ini dilakukan untuk meningkatkan penghasilan pertanian khususnya komoditi padi.

 

Harmezi mengungkapkan, uji coba tersebut baru pertama dilakukan di Kecamatan Kamang Magek, yang bekerjasama dengan Unand, dan hasilnya sangat memuaskan. Di mana sebelumnya produksi padi masyarakat rata-rata 6,1 ton per hektar, dan setelah dilakukan uji tekhnologi jajar legowo produksi padi masyarakat meningkat menjadi 7,4 ton per hektarnya.

 

"Ini membuktikan bahwa uji coba ini mampu meningkatkan produksi padi masyarakat. Sehingga, bisa dijadikan sebagai percontohan untuk tahap selanjutnya," ujarnya.

 

Di samping itu, kegiatan tersebut merupakan wujud untuk meningkatkan swasembada pangan pada komoditi padi. Uji coba itu dilakukan pada 23 Mei 2017, dan memanennya dilakukan bersama Danramil, dosen pembimbing dari Unand, dan penyuluh pertanian Kecamatan Kamang Magek.

 

"Panen bersama yang dilakukan dengan varietasnya "saganggam panuah" ini, bisa melaihat secara langsung produksi padinya. Untuk itu, kita berharap kepada masyarakat Kamang Magek, bisa menjalankan program ini, kalau dilihat dari prospek di lapangan, pekerjaannya sangat mudah dan efisien," ujarnya berharap.

 

Dikatakannya, tahap pertama uji coba ini menjadi evaluasi untuk tahap selanjutnya, sehingga tahap selanjutnya hasilnya lebih memuaskan. Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan program pendamping Unand dalam UPSUS Swasembada Pangan, dan Siwab.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: