21 Agustus 2017

-

Melepas Pawai Alegoris

-

Rapat Paripurna Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi tentang Ranperda tentang Perubahan Perda No.2 Tahun 2012 tentang Perubahan Retribusi Jasa Umum

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 21 Agustus 2017 / 28 Zulqaidah 1438 H
Berita Detil

Rabu, 02/08/2017  08:14 WIB

Pemkab Agam Data Daerah Yang Tidak Memiliki Akses Jaringan Komunikasi

PemkabAgamDataDaerahYangTidakMemilikiAksesJaringanKomunikasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, menurunkan tim untuk mendata daerah yang belum memiliki akses jaringan internet untuk mempermudah masyarakat setempat berkomunikasi dan mendapatkan informasi.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Fauzan Helmy Hutasuhut, Selasa (01/08), mengatakan, tim dengan jumlah dua orang ini memeriksa jaringan di setiap daerah pelosok di wilayah Kabupaten Agam semenjak Juni 2017.


"Pemeriksaan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Penyedia Layanan Aolikasi dan atau Konten melalui Internet (Over The Top) dan Surat dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Sumatera Barat Nomor 553/360/Dikominfo/821/VI-2017 tanggal 21 Juni 2017 tentang permintaan data akses jaringan komunikasi internet, tim memeriksa dilapangan menggunakan telepon seluler memakai kartu jaringan operator semisal Simpati, IM3, Mentari dan lainnya," katanya.


Setelah didata, pihaknya akan meminta perusahaan untuk memperluas jaringan mereka ke daerah tersebut, sehingga mempermudah masyarakat setempat mendapatkan informasi.


"Dari rekap laporan, ada sejumlah terparah daerah di Kecamatan Palupuh, Palembayan, Tanjungmutiara, Malalak dan Ampeknagari tidak memiliki jaringan internet, sementara sebagaian kecil di Kecamatan Lubuk Basung, Matur, Sei.Pua, IV Koto, Baso dan Tilatang Kamang," katanya.


Selain mendata jaringan internet, Diskomominfo Agam juga memasang internet gratis di Pasar Inpres Padang Baru, Masjid Nurul Falah dan Kantor Bupati Agam.


Ke depan akan memasang internet gratis di dua kecamatan pada 2018 dan kantor camat tersebut masih dalam verifikasi.


"Pemasangan jaringan internet ini akan kita lakukan awal tahun dan ini merupakan program Dinas Komunikasi dan Informatika Agam pada 2018," tambahnya.


Perluasan jaringan dan pemasangan wifi ini sekaligus menunjukkan keseriusan Agam untuk mewujudkan program smart regency atau kabupaten cerdas yang dimulai pada 2017.


Pada tahun ini, Agam juga melakukan pemilihan wali nagari secara e-voting atau secara elektronik, aplikasi perkantoran maya (simaya) dan e-planning.


"Kita berharap program smart regency ini berjalan dengan baik," katanya.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: