24 Mei 2017

-

Upacara Peringatan HUT Malalak ke 10 Tahun 2017

-

Rapat Umum Luar Biasa (RUPS ) Tahun Buku 2016

-

Menghadiri Acara Peluncuran dan Diskusi Buku In Memoriam 100 Seniman, Wartawan dan Budayawan Sumatera Barat Karya Nazif Basir

» jadwal kegiatan lainnya

Jum'at, 23 Juni 2017 / 28 Ramadhan 1438 H
Berita Detil

Rabu, 10/05/2017  13:04 WIB

Dinsos Agam Siapkan Perbup dan SOP Penanganan Orang Yang Terlantar

DinsosAgamSiapkanPerbupdanSOPPenangananOrangYangTerlantar

Masalah orang terlantar di Kabupaten Agam perlu penanganan serius yang harus ditangani dengan system dan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas serta tegas.

 

Persoalannya, banyak kategori orang terlantar yang dalam istilah sosialnya orang yang butuh pelayanan terlantarkan, selama ini ditangani acak tanpa proses dan solusi yang terarah, sehingga diperluka langkah khusus dan kesamaan visi dalam menyikapinya.

 

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas sosial Kabupaten Agam Kurniawan Syahputra, Rabu (10/5).

 

Selama ini, persoalan layanan ketelantaran dimaknai skeptis dengan orang-orang terlantar terurus atau tak bias kembali ke kampung halamannya karena Karena tidak ada biaya.

 

Namun, orang yang terlantar justru sangat kompleks  dengan beragam teknis penangganannya, bahkan jumlah warga yang masuk dalam kategori itu sangat banyak.

 

Kurniawan mengambarkan, data tahun 2015 di Kabupaten Agam tercatat sebanyak 2.998 warga bermasalah layanan ketelantaran dengan rincian 772 lansia terlantar, 863 balita/anak terlantar, 431 orang terlantar, 476 disabilitas terlantar, 362 gangguan jiwa terlantar, 94 mayat terlantar dan itu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

 

Mengingat berat dan beragamnya kasus orang terlantar tersebut dibutuhkan strategi khusus dan komunikasi bersama seluruh OPD Agam dan elemen social terkait dalam mengatur strategi pengamananya.

 

Saat ini, tengah disiapkan regulasi daerah dan tegah merancang Peraturan Bupati Agam dan SOP tentang penangganan masalah oang yang membutuhkan layanan ketelantaran.

 

Terobosan yang telah dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Agam, membangun sinergi seluruh OPD dan organisasi sosial  yang ada untuk satu visi membangun sistem penangganan masalah ketelantaran sosial secara humanis dengan menimba pemikiran dan diskusi menghadirkan psikolog terkemuka Novi Rahmawati, Selasa (9/5).

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: