31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Selasa, 17 Oktober 2017 / 26 Muharram 1439 H
Berita Detil

Kamis, 13/04/2017  11:42 WIB

Agam Gelar Lomba Masak Bernuansa Ikan

AgamGelarLombaMasakBernuansaIkan

Berbagai lomba bernuansa ikan digelar Pemerintah Kabupaten Agam. Mulai dari memasak untuk ibu-ibu, lomba kreasi musik jingle makan ikan, kreasi rebana BKMT sampai kepada lomba mewarnai ikan untuk anak-anak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

 

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Agam Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah, Rabu (12/4) di Sungai Puar. Hadir pada kesempatan itu, Ketua Forikan Kabupaten Agam, Ny.Vita Indra Catri, Pengurus Forikan dari Provinsi Sumbar, Kepala OPD terkait, Camat se- Agam beserta Ketua Forikan Kecamatan yang ikut juga didampingi dari kader TP-PKK dari masing-masing kecamatan.

 

Pada kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat untuk menggemari makan ikan. "Mari kita didik dan persiapkan anak-anak kita, generasi muda untuk membiaskan diri banyak mengkosumsi ikan, sebagai salah satu sumber protein hewani yang bergizi tinggi," ajak bupati.

Dijelaskan bupati, selama ini anggapan orang-orang tua dulu yang mungkin karena kehidupan yang demikian susah atau kondisi sosial budaya yang tidak atau kurang mendukung, dimana mereka makan agar sekedar kenyang, sehingga terhadap konsumsi ikan hanya mengandalkan ikan seadanya. 

 

Hal ini yang perlu mendapat perhatian bersama bahwa mengkonsumsi ikan yang cukup dan seimbang akan menunjang peningkatan kesehatan dan kecerdasan anak.

 

"Kita patut bersyukur bahwa produksi perikanan kita terus meningkat. Hal ini ditunjang dengan adanya faktor lingkungan alam yang meyakinkan. Kita memiliki sumber air dimana-mana, memiliki lahan perkarangan rumah yang cukup untuk membuat kolam ikan. Tentunya ini modal utama bagi kita dalam meningkatkan kosumsi ikan," pinta bupati.

 

Eksistensi kegiatan dari Forikan ini juga mampu menghilangkan mitos di tengah masyarakat bahwa makan ikan akan cacingan.  


Selain itu, melalui lomba ini diharapkan mampu menghadirkan menu-menu baru yang berbahan dasar ikan sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk lebih menyukai ikan dan meningkatkan konsumsi ikan.

Tantangan lain, lanjut bupati, bagaimana agar kreasi menu yang diciptakan dapat digemari masyarakat, terutama anak-anak sebagai generasi penerus. Untuk itu, Ia berharap agar peserta mampu memunculkan menu-menu baru dengan berbahan dasar ikan.

 

Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri mengatakan, lomba memasak serba ikan tersebut merupakan kegiatan rutin dan menjadi agenda tahunan dari Forikan Kabupaten Agam yang diikuti peserta dari 16 kecamatan se-Agam. 

 

Diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan memasak para perserta lomba, memperkenalkan keanekaragaman masakan yg berasal bahan baku ikan, menyebarluaskan informasi olahan ikan  maupun udang yang mempunyai nilai gizi dan protein tinggi. 

 

"Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis produk perikanan," katanya. 

 

Usai acara tersebut, Bupati Indra Catri bersama Ketua Forikan Ny. Vita Indra Catri didampingi Kepala DKP Ermanto melakukan kunjungan ke tiap-tiap stand yang mengikuti lomba. Pada kunjungan itu, bupati bersama rombongan tidak segan-segan mencicipi masakan yang dibuat oleh ibu-ibu PKK tersebut.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: