31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Selasa, 17 Oktober 2017 / 26 Muharram 1439 H
Berita Detil

Kamis, 13/04/2017  11:40 WIB

Agam Disiapkan Jadi Kabupaten Layak Anak

AgamDisiapkanJadiKabupatenLayakAnak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), saat ini tengah menggarap program pembentukan daerah itu menjadi kabupaten layak anak. Hal ini dilaksanakan agar tidak ada lagi kekerasan dan diskriminasi terhadap anak.

 

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Agam, melalui Kabid Perlindungan Anak Desnawati, Rabu (12/4) mengatakan, beberapa upaya sudah dilakukan untuk menuju hal tersebut, seperti telah dibentuknya gugus tugas, Forum Anak Daerah, dan rencana aksi daerah menuju kabupaten layak anak,  saat ini masih dalam proses.

 

"Program tahun 2017 ini, mendapat dukungan dari Bupati Agam Indra Catri, bahkan sudah ada Perbupnya, dan gugus tugas serta Forum Anak juga sudah di SK- kan," ujar Desniwati.

 

Ia mengungkapkan, kegiatan ini perlu dilakukan, supaya anak bisa mendapatkan haknya secara penuh, seperti hak untuk mendapatkan sarana dan prasarana bermain, dan hak mendapatkan pendidikan, serta perlindungan hukum.

 

Desnawati mengatakan, program itu melibatkan banyak pihak seperti OPD, lembaga masyarakat, Forum Anak, dunia usaha dan media masa. Untuk tahap awal, pihaknya sudah menggelar rapat dengan OPD, dan ke depan akan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat.

 

"Pihak terkait nantinya ikut mendukung melalui fasilitas yang diberikan, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan hak anak untuk mendapatkan pendidikan, DPU hak untuk mendapatkan sarana dan prasana bermain, serta Dinas Kesehatan hak untuk mendapat kesehatan, begitu juga dengan OPD lainnya," ujarnya menjelaskan.

 

Lebih lanjut Desnawati mengatakan, dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, baru enam kota yang sudah menjadi daerah layak anak, dan pihaknya serius untuk mewujudkan Kabupaten Agam sebagai kabupaten layak anak. 

"Insya-Allah, tahun 2018 Kabupaten Agam menjadi kabupaten layak anak bisa dicanangkan," ujarnya lagi.

 

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Arnel, mendukung program menuju kabupaten layak anak tersebut. Bahkan hak anak untuk mendapatkan pendidikan pun juga sudah menjadi program nasional, seperti wajib belajar sembilan tahun.

 

"Untuk masyarakat kurang mampu, dibantu pemerintah pusat dengan dana BOS untuk operasional guna mengentaskan kemiskinan," ujarnya pula.

 

Arnel mengungkapkan, pemerintah juga menyediakan ujian paket bagi anak putus sekolah, seperti paket A sejajar dengan SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA, yang dilaksnaakan tiap tahunnya.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: