17 Desember 2017

-

Menghadiri Tablig Akbar dan Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H dengan Pembicara Buya Drs. H. Abubakar Syarif. M, Hi (Pensiunan Hakim Tinggi Agam Jakarta)

-

Malewakan Gala Sako Pasukuan Koto Payuang Panji Dt. Sati, Nagari Balingka Kecamatan IV Koto

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Senin, 20/03/2017  22:38 WIB

KPH Agam Ajak Masyarakat Manfaatkan Jasa Lingkungan Untuk Tingkatan Perekonomian

KPHAgamAjakMasyarakatManfaatkanJasaLingkunganUntukTingkatanPerekonomian

Koordinator Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Agam,  Afniwirman mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan jasa lingkungan, berupa potensi air terjun, yang menguntungkan untuk peningkatan ekonomi warga.



"Di Kabupaten Agam, 4 lokasi air terjun bisa dimanfaatkan untuk objek wisata, dan bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat. Potensi tersebut terdapat di  di Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya, di Ambun Pagi Matur, di Sonsang Tilatang Kamang, dan di Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari," kata Afniwirman Senin (20/3) di ruang kerjanya.

Ini merupakan hasil dari pendataan dan identifikasi potensi jasa lingkungan, khususnya air terjun di Agam. Potensi tersebut bisa dikembangkan, melalui kerja sama kelompok masyarakat, investor,dan pihak pemerintah. Air terjun bisa dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata, untuk sumber air bersih, pembangkit listrik mikro hidro, dan banyak manfaat lain.

 

Ia mengatakan, sangat banyak keuntungan yang bisa didapat dari pemanfaatan potensi tersebut. Masyarakat sekitar akan memperoleh manfaat untuk peningkatan ekonomi mereka. Selain itu keselamatan hutan terjaga. 

 

Keindahan alam di lokasi air terjun tersebut, sangat bagus Apabila dikelola menjadi objek wisata secara sungguh-sungguh, akan sangat menguntungkan anak nagari sekitar. Sebagian besar air terjun dimaksud terletak tidak begitu jauh dari perkampungan warga.

 

Di samping jasa lingkungan, hasil hutan non kayu  juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga, antara lain getah dan buah kayu.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: