31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Sabtu, 21 Oktober 2017 / 30 Muharram 1439 H
Berita Detil

Kamis, 09/03/2017  10:37 WIB

PT.Taspen Berikan Perlindungan JKK dan JKM Bagi ASN Agam

KepalaBKPSDMFauzirbukasosialisasiJKKdanJKMdiAulaDisdikbud

PT.TASPEN sosialisasikan amanatkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 92 ayat 4 dan pasal 7 Pemerintah untuk memberikan perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pengawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

Acara berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam yang dihadiri, Sekretaris, Kasubag umum kepegawaian se-Kabu0paten Agam dan dibuka Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Alam (BKPSDM) Drs.Fauzir, Selasa (8/3).

 

Fauzir mengatakan, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Aparatur Sipil. semua telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 70 tahun 2015.

 

Nara sumber sosialisasi Humas PT.Taspen persero cabang Bukittinggi Sinung Wibowo dan Hayani.

 

Fauzir berharap nantinya para peserta mau  mensosialisasikan kepada ASN pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD)nya, sehinga nanti dalam pengurus JKK dan JKM para ASN Kabupaten Agam bisa lancar, tepat waktu serta tidak mengalami masalah.

 

Sementara Sinung Wibowo selaku Humas PT.Taspen Cabang Bukittiggi saat memberi penjelasan mengatakan, para peserta JKK dan JKM itu adalah, CPNS, PNS PPK dan Pejabat Negara dan berlaku sejak 1 Juli 2015, pegawai negeri ASN dilingkungan Kemetrian Pertahanan dan POLRI tidak termasuk peserta JKK dan JKM.

 

JKK adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat.

 

JKM adalah perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan, berupa santunan kematian dan keduanya JKK dan JKM diperuntukkan untuk peserta, keluarga peserta tidak ditanggung.

 

Iuran yang dipungut  pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar 0,24%x Gaji dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,30xGaji.

 

JKK memberikan manfat bagi pesertanya berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat, sementara manfaat JKM langsung dirasakan ahli waris berupa santunan kematian sekaligus sebesar 15 juta dibayar sekali, uang duka wafat sebesar tiga kali gaji terakhir dibayarkan satu kali, biaya pemakaman sebesar tujuh koma lima juta dan bantuan beasiswa sebesar 15 juta kepada satu orang anak dari peserta yang wafat dibayarkan satu kali.

 

Prosedur untuk mengajukan klaim JKM tersebut disyaratkan ahli waris memiliki formulir laporan kecekalaan, formulir permintaan pembayaran, surat keterang dokter, foto copy KTP pemohon, nomor rekening, kwitansi biaya, surat perintah tugas pimpinan, surat rujukan dokter, foto copy sk pensiun atau sk cacat SKPP, foto copy surat kematian, foto copy surat nikah atau surat keterangan ahli waris, surat keterangan sekolah dan sebelum terbit sk tewas santunan baru dibayarkan, pengajuan tidak boleh lebih dari dau tahun sejak kecelakaan kerja peserta.

 

Untuk informasi selanjutnya bisa menghubunggi Humas PT.Taspen cabang bukittinggi Sinung Wibowo di 0872280801919, Hayani di 085274093151 dan telepon kantor 0752 625990.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: