24 Maret 2018

-

Membuka kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Aparatur dan Pelatihan Manajemen Penanganan Konflik bagi Aparatur Kesbangpol dan Aparatur Kecamatan di Kab. Agam

» jadwal kegiatan lainnya

Rabu, 25 April 2018 / 9 Sya'ban 1439 H
Berita Detil

Jumat, 02/12/2016  10:37 WIB

40 Pengrajin Makanan Ringan Berbasis Ikan Dilatih Untuk Dukung Save Maninjau

Mendukung program Save Danau Maninjuau Tahun 2017 sampai 2021, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perindag (Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Agam  berikan pelatihan bagi 40 orang pengrajin makanan ringan berbasis ikan di wilayah itu.

 

"Untuk mendukung program Save Danau Maninjau kita telah menyiapkan berbagai kegiatan  seperti, pelatihan makanan ringan berbasis ikan bagi pengrajin diwilayah itu pada tahun 2017," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Agam Jabarnur saat rapat "Gerakan Save Danau Maninjau" di Tanjung Raya beberapa waktu lalu.

 

Selain pelatihan, Pihaknya juga memberikan bantuan peralatan memasak, bantuan kemasan, pelatihan bordiran dan bantuan mesih jahit secara bertahap.

 

Lalu, pengembangan pasar dan distribusi barang dan produk, program pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM menfasilitasi sertifikasi halal, kemudian program penyelanggaraan pelatihan kewirausahaan.

 

Dilakukannya kegiatan ini, terang Jabarnur, untuk membantu warga di Salingka Danau Maninjau akan mengurangi ketergantungan masyarakat dalam berbudidaya ikan di keramba jaring apung, sehingga merubah pola pikir masyarakat untuk berusaha di luar Danau Maninjau.

 

"Dengan cara ini, pola pikir warga akan berubah dan beralih untuk bekerja di daratan," katanya

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: