31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 25 September 2017 / 4 Muharram 1439 H
Berita Detil

Rabu, 30/11/2016  14:39 WIB

Pemkab Agam Gelar Apel Nusantara Bersatu

yanghadirPemkabAgamGelarApelNusantaraBersatu

Dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang saat ini seakan terancam dan menjadi isu nasional, Pemerintah Kabupaten Agam bersama TNI dan Polri menggelar apel Nusantara Bersatu Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita bersama, dan Bhineka Tunggal Ika, Rabu (30/11) di Gor Rang Agam Lubuk Basung.

 

Hadir Bupati Agam Indra Catri, Dandim 0304 Agam, Letkol Kav. Salim Kurniawan, Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Wakapolres Agam Kompol Suhadi dan para undangan lainnya.

 

Setiap perserta apel nusantara bersatu, mengunakan ikatan merah putih di kepala, baik dari TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, PNS, tokoh agama, organisasi masyarakat dan para peserta apel lainnya.

 

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya, mengatakan Apel Bersatu ini merupakan kegiatan awal dari serangkaian gerakan untuk menjaga kebhinekaan dan persaudaraan lintas suku, agama, ras dan antar golongan, terutama dalam menghadapi ancaman perpecahan bangsa.

 

"Bagi masyarakat Minangkabau, NKRI tidak hanya harga mati melainkan cita-cita mulia yang sudah dijunjung tinggi sejak dulu, sekarang dan sampai nanti," kata bupati.

 

Menurut bupati, pecahnya suatu bangsa atau negara, tergantung kepada seberapa kuat komponen-komponen bangsa itu sendiri untuk mempertahankan, membela dan menjaga keutuhan negara demi Indonesia Satu.

 

"Oleh sebab itu melalui kegiatan ini agar dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyegarkan semangat dan memperbaharui tekad dan usaha bersama untuk memberikan darma bakti kita yang sebesar-besarnya bagi pembangunan bangsa dan negara kita dari waktu ke waktu.

 

Perlu kita pahami bersama bahwa kebersamaan adalah salah satu kunci untuk mencapai tujuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga segala bentuk tantangan, hambatan, ancaman dan gangguan baik internal maupun internal akan mudah diatasi," tegas bupati.

 

Hal senada juga dikatakan Dandim 0304 Agam, Letkol Kav. Salim Kurniawan, saat dimintai keterangan, menyatakan apel nusantara bersatu ini dengan ikatan merah putih di kepala diharapkan semangat kebangsaan terjaga dengan baik. Sehingga selalu menjaga NKRI.

 

"Apel yang kita laksanakan ini tidak lain adalah bagian untuk menyejukan. Serta kita tak terpengaruh dengan provokasi dari luar. Kita tetap bersatu jaga NKRI di negeri ini," ucapnya.

Ia mejelaskan, apel nusantara bersatu ini perintah dari secara nasional. 

 

"Seluruh Indonesia hari ini melaksanakan apel nusantara bersatu.

Pastinya Kabupaten Agam merupakan kabupaten yang aman dan kondisif. Jadi acara ini untuk mengingatkan kembali untuk kita memperkuat benteng persatuan agar kita tak mudah terpecah belah," ungkapnya.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: