24 Mei 2017

-

Upacara Peringatan HUT Malalak ke 10 Tahun 2017

-

Rapat Umum Luar Biasa (RUPS ) Tahun Buku 2016

-

Menghadiri Acara Peluncuran dan Diskusi Buku In Memoriam 100 Seniman, Wartawan dan Budayawan Sumatera Barat Karya Nazif Basir

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 25 Juni 2017 / 30 Ramadhan 1438 H
Berita Detil

Jumat, 11/11/2016  10:13 WIB

Atasi Banjir, Tiga BPBD Di Sumbar Lakukan Survey Ke Batang Manggani

Tiga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Provinsi Sumatera Barat, melakukan survey ke Batang Manggani yang terletak di Kabupaten Pasaman, pada Selasa (8/11) dan Rabu (9/11).

 

BPBD yang melakukan survey diantaranya, BPBD Kabupaten Agam yang dimpin Bambang Warsito, BPBD Pasaman, dipimpin M Syayuti Pohan dan BPBD Limapuluh Kota dipimpin Nasriyanto.

 

Kepala BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito, mengatakan, tim yang terdiri dari 30 orang tersebut akan melakukan survey Batang Manggani. Sebelum melakukan survey, tim terlebih dahulu akan bermalam di BPBD Pasaman.

 

"Untuk menuju lokasi yang akan kita survey, tim ini harus melewati 7 sungai baru kita sampai di lokasi yang akan disurvey itu," kata Bambang.

 

Dikatakan Bambang, survey yang dilakukan ini menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait adaya penyumbatan yang terjadi Batang Manggani akibat material longsoran dari gunung.

 

"Yang menjadi kekawatiran, kalau memang itu benar adanya ada tiga daerah yang terkena akibat dampaknya seperti, Agam, Limapuluh Kota dan Pasaman," ujar Bambang.

 

Kalau nanti adanya penyumabatan, jika curah hujan cukup tinggi, maka akan terjadi bajir bandang yang melanda tiga daerah ini.

 

Dengan kesepahaman ke tiga BPBD itu, maka ia membentuk tim untuk menindak lanjuti Bantang Manggani yang dianggap membahayakan. Sebelum bencana ini terjadi maka perlu diantisipasi atau mengurangi resiko bencana itu sendiri.

 

Lebih jauh Bambang mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pencegahan terhadap bencana tersebut. Sebab tugas BPBD itu mengurangi resiko atau mencegah, terjadi atau tidaknya hanya tuhanlah yang akan tahu.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: