21 Agustus 2017

-

Melepas Pawai Alegoris

-

Rapat Paripurna Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi tentang Ranperda tentang Perubahan Perda No.2 Tahun 2012 tentang Perubahan Retribusi Jasa Umum

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 20 Agustus 2017 / 27 Zulqaidah 1438 H
Berita Detil

Kamis, 10/11/2016  10:10 WIB

Tiga Hari Kedepan Agam Berpotensi Hujan

TigaHariKedepanAgamBerpotensiHujan

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang Pariaman Budi Samiaji, mengatakan, sebagian besar wilayah Kabupaten Agam berpotensi hujan pada tanggal 10 hingga 12 November 2016 mendatang. Rabu (9/11).

 

"Sumbar berpotensi diguyur hujan tiga hari ke depan dengan intensitas sedang hingga lebat,", kata Budi Samiaji.

 

Ia mengatakan, potensi terjadinya hujan tersebut terutama di pesisir Pantai Barat provinsi itu. "Kondisi itu mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut," katanya.

 

Ia menjelaskan, potensi hujan sedang diselingi hujan lebat di wilayah pesisir pantai Sumbar itu ialah di Padang, Tiku, Pesisir Selatan, Padangpariaman, Kota Pariaman, Kepulauan Mentawai dan Pasaman Barat.

 

Kemudian kondisi tersebut diperkirakan dapat meluas ke Sumbar bagian tengah di antaranya Padang Panjang, Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kota Solok, Agam dan Bukittinggi.

 

Selain diguyur hujan, daerah pantai Barat Sumbar juga berpotensi dilanda angin kencang.

 

"Kecepatan angin maksimal bisa mencapai 40 kilometer per jam," ujarnya.

 

Ia menambahkan, dampak dari kondisi cuaca pada 10 hingga 12 November tersebut secara meteorologi perlu diwaspadai terutama terkait genangan air, longsor dan banjir di wilayah pesisir pantai Sumbar

 

Terkait potensi hujan beberapa hari ke depan itu, Bupati Agam Indra Catri menghimbau masyarakat untuk waspada dan siaga bencana.

 

"Tingginya curah hujan belakangan ini di Kabupaten Agam menuntut kewaspadaan kita bersama akan bencana seperti longsor, banjir termasuk angin di daerah pantai”, sebut Indra Catri.

 

Lebih lanjut Bupati Agam juga mengingatkan aparatur terutama satuan kerja terkait penanggulangan bencana untuk siaga, khusus kepada para camat agar memantau dan segera berkoordinasi dengan satuan kerja terkait terhadap setiap potensi bencana yang ada di wilayah masing-masing.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: