31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 11 Desember 2017 / 22 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Selasa, 08/11/2016  11:17 WIB

Festival Ramadhan Ajang Silaturahmi Anak Nagari

FestivalRamadhanAjangSilaturahmiAnakNagari

Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, mengatakan, Festival Pesona Danau Maninjau bukan hanya sekedar sebuah even wisata semata, tetapi juga sebagai ajang silahturahmi anak nagari, tokoh masyarakat dan pemuda. Bahkan juga dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru di Sumatera Barat dan mancanegara.

"Untuk itu, kegiatan ini harus kita lanjutkan dan lebih gebyar lagi ditahun mendatang dengan berbagai perbaikan," kata Indra Catri saat menutup secara resmi Festival Pesona Danau Maninjau di Objek Wisata Muko-Muko Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (6/11) yang juga dihadiri Kepala SKPD Agam, walingari dan warga Salingka Danau Maninjau.

Pada saat itu, bupati sangat mengapresiasi Festival Pesona Danau Maninjau itu, karena disamping menimbulkan kegembiraan dan kebahagiaan bersama, even ini sekaligus juga menggambarkan negeri ini bukan negeri sembarangan.

Perlu diketahui bahwa negeri ini sarat dengan peninggalan sejarah, kekayaan atraksi budaya yang sangat beragam dan unik tersebar di pelosok nagari, jadi peninggalan dari nenek moyang ini tidak kalah dari negeri lainnya.

"Ini memperkuat dominasi orang berkunjung ke objek wisata di Kecamatan Tanjung Raya dan daerah lainnya baik sebagai pengunjung maupun sebagai peserta festival," kata bupati.

Pada kesempatan itu, Indra Catri juga meminta ditampilkan kuliner khas Salingka Danau Maninjau.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Festival Pesona Danau Maninjau Hadi Suryadi menyampaikan selain melestarikan kesenian dan budaya seperti lomba tambua tansa, talempong aguang, saluang serta pacu biduak tradisional, festival ini juga meningkatkan jumlah kunjungan wiasatawan ke Agam, sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata.

"Selama empat hari festival berlangsung jumlah kunjungan mencapai 15 ribu orang baik wisatawan lokal maupu mancanegera," katanya

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi mengatakan, sebanyak 15 ribu wisatawan lokal dan mancanegara mengunjungi alek Festival Pesona Danau Maninjau yang digelar di Objek Wisata Muko-Muko Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya.

"Festival yang digelar selama empat hari ini dimulai pada 3 sampai 6 November 2016. Festival ini mampu mendatangkan sebanyak 15 ribu wisatawan lokal dan mancanegara," kata Hadi Suryadi saat penutupan Festival Pesona Danau Maninjau di Objek wisata tersebut, Minggu (6/11).

Selain meningkatkan kunjungan, festival ini juga meningkatkan hasil penjualan para pedagang di lokasi objek wisata tersebut.

"Ke 15 ribu ribu pengunjung ini jika diperkirakan berbelanja Rp30.000 per orang saja, maka dikalkulasikan bisa mencapai senilai Rp450 juta transaksi terjadi selama empat hari pelaksanaan," kata Hadi Suryadi.

Sementara itu, menurut salah seorang pedagang Suleman, mengatakan, penghasilan yang diperoleh dari penjualan saat festival ini bisa mencapai 3 sampai 5 kali dari hari biasa.

"Biasanya kami hanya memperoleh sebanyak Rp250 ribu pada hari biasa tetapi saat festival mencapai Rp1,2 juta,

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: