31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 11 Desember 2017 / 22 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Kamis, 03/11/2016  12:03 WIB

Pemkab Agam Dorong Petani Budidayakan Cabai

PemkabAgamDorongPetaniBudidayakanCabai

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat, mendorong kelompok petani untuk mengembangkan budi daya tanaman cabai karena cukup menjanjikan dan permintaan pasar relatif tinggi.

"Kita terus mendorong petani agar mengembangkan tanaman cabai untuk mendukung meningkatkan pendapatan, karena harga cabai cukup tinggi sekitar Rp80.000 per kilogram di sejumlah pasar tradisional kata Kepala Dipertahornak Kabupaten Agam Afdhal didampingi Kepala Bidang Holtikultura Zumarni di Lubuk Basung, Kamis (3/11).

Saat ini, permintaan cabai dipasaran cenderung meningkat, sehingga menjadikan peluang tersendiri bagi petani untuk mensejahterakan keluarganya.

Pada tahun ini, Kementerian Pertanian tahun 2016 telah memberikan bantuan benih cabai, plastik, pestisida dan lainya kepada 44 kelompok tani dilahan seluas 45 hektarer tersebar di sembilan kecamatan.

Ke 45 hektar lahan cabai itu berada di Kecamatan Kamang Magek sebanyak lima hektar, Baso sebanyak empat hektar, Matur sebanyak 12 hektar, Ampek Koto sebanyak 9,5 hektar, Tanjung Mutiara sebanyak 1,5 hektar, Lubuk Basung sebanyak satu hektar, Tanjung Raya sebanyak empat hektar, Tilatang Kamang sebanyak empat hektar dan Kecamatan Palupuh sebanyak dua hektar

"Petani yang menerima bantuan pengembangan kawasan cabai telah ada yang panen karena mereka menanam pada Agustus sampai Oktober 2016. Masa produksi cabai bisa bertahan empat sampai lima bulan," katanya

Bantuan tanaman cabai tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas maupun pendapatan petani. "Diperkirakan pendapatan petani dalam budidaya cabai seluas satu hektare mampu meraup keuntungan sekitar Rp100 juta,” katanya.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: