26 Februari 2017

-

Menghadiri Acara Launching Novel “ Tepian Mandi” Karya Novel dari Perempuan Minang “Sugesti Edward Sikumbang” & The Best Model Pink dan White The Best Acting Talent

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 26 Februari 2017 / 29 Jumadil Awwal 1438 H
Berita Detil

Jumat, 28/10/2016  11:15 WIB

BPPKB Laksanakan Pelatihan Keterampilan Rumah Tangga

BPPKBLaksanakanPelatihanKeterampilanRumahTangga

Berbagai langkah dan upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Diantaranya seperti yang dilakukan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Agam, menggelar pelatihan keterampilan rumah tangga bagi perempuan rawan ekonomi di Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dimulai pada 24 hingga 25 Oktober 2016.

 

Kepala BPPKB Kabupaten Agam Retmiwati, Kamis (27/10), mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang membuat keterampilan rumah tangga, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peserta, keluarga dan masyarakat sekitar.

 

Selain itu, meningkatkan wawasan peserta dalam manajemen pemasaran ketarampilan rumah tangga, meningkatkan wawasan peserta dalam menghasilkan kualitas produksi yang baik.

 

Dikatakan Retmiwati, peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan industri rumah tangga itu sebanyak 15 orang. Mereka tampak semangat dalam mengikutinya pelatihan itu. Keterampilan yang dibuat yaitu, hias kotak tisu, hias tudung saji, hias stoples dan tutup gelas.

 

"Pelatihan di Nagari Malalak Utara itu merupakan pelatihan kedua kalinya pada tahun 2016, karena sebelumnya juga dilakukan pelatihan serupa pada Agustus 2016. Khusus pelatihan ini, kita bisa melaksanakannya dua kali dalam setahun, karena keterbatasan anggaran," terangnya.

 

Selesai pelatihan dilaksanakan, peserta langsung membentuk kelompok yang mana kelompok itu bernama Malalak Saiyo, dan walinagari segera mengeluarkan surat keputusan. Bahkan nagari juga berkeinginan untuk menganggarkan kegiatan pelatihan ini.

 

Lebih lanjut Retmiwati mengatakan, pada umumnya nagari yang ada di Kabupaten Agam meminta BPPKB menggelar pelatihan seperti ini. Menanggapi permintaan masyarakat, maka ia bakal kembali menggelar pelatihan itu pada 2017.

 

Melalui pelatihan itu, Retmiwati mengharapkan, peserta dapat meningkatkan potensi dan peran perempuan terutama perempuan rawan ekonomi, dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan keluarganya, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: