24 Mei 2017

-

Upacara Peringatan HUT Malalak ke 10 Tahun 2017

-

Rapat Umum Luar Biasa (RUPS ) Tahun Buku 2016

-

Menghadiri Acara Peluncuran dan Diskusi Buku In Memoriam 100 Seniman, Wartawan dan Budayawan Sumatera Barat Karya Nazif Basir

» jadwal kegiatan lainnya

Kamis, 29 Juni 2017 / 4 Syawwal 1438 H
Berita Detil

Jumat, 28/10/2016  11:07 WIB

Dinkes Agam Target kan 2018 Semua Puskesmas Terakredditasi

DinkesAgamTargetkan2018SemuaPuskesmasTerakredditasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui Dinas Kesehatan menargetkan tahun 2018 semua Puskesmas di wilayah itu terakreditasi, sehingga pelayanan kesehatan  kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra, Kamis (27/10) saat ditemui diruang kerjanya, mengatakan hingga 2016 dari 23 Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan, sudah terakreditasi sebanyak 4 unit.

 

"Tahun 2017 kita sudah mengajukan sebanyak 10 Puskesmas. Insya allah, secara bertahap hingga 2018 semua Puskesmas di Agam sudah akreditasi," tegasnya.

 

Ia menjelaskan, akreditasi Puskesmas itu sesuai amanah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa setiap Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

 

Akreditasi itu sendiri, menurutnya merupakan salah satu persyaratan kredisial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

 

Menurut Indra, tujuan utama akreditasi puskesmas itu, untuk pembinaan peningkatan mutu, melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko.

 

"Jadi bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi semata, melainkan subtansinya adalah pengakuan dan keberadaan dari instansi itu sendiri," katanya.

 

Indra menambahkan, saat ini, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada para Kepala Puskesmas yang belum terakreditasi, agar pelayanan di puskesmas yang dipimpinnya terus ditingkatkan. 

 

"Semoga dengan adanya akreditasi ini akan membuat kelas Puskesmas sendiri menjadi naik pamor. Bukan karena peralatannya saja, melainkan juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga puskesmas bisa menjadi sahabat bagi masyarakat itu sendiri," terangnya.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: