24 Mei 2017

-

Upacara Peringatan HUT Malalak ke 10 Tahun 2017

-

Rapat Umum Luar Biasa (RUPS ) Tahun Buku 2016

-

Menghadiri Acara Peluncuran dan Diskusi Buku In Memoriam 100 Seniman, Wartawan dan Budayawan Sumatera Barat Karya Nazif Basir

» jadwal kegiatan lainnya

Kamis, 29 Juni 2017 / 4 Syawwal 1438 H
Berita Detil

Kamis, 27/10/2016  13:08 WIB

Pemkab Agam Gelar Rakor Kebijakan Pemerintah Nagari

PemkabAgamGelarRakorKebijakanPemerintahNagari

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan 82 Badan Musyawarah (Bamus) nagari di daerah itu mengenai sosialisasi terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan nagari sesuai Undang-undang Nomor 6 tahun 2014, di aula kantor bupati setempat, Selasa (25/10).

 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam, Welfizar, mengatakan Rakor ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman dalam rangka memperkuat kebersamaan, meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kinerja kelembagaan Bamus nagari.

 

"Kita berharap melalui rakor ini terjalinnya kerjasama dan koordinasi yang baik diantara lembaga nagari, sehingga dalam pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik," katanya.

 

Adapun peserta yang mengikuti rapat koordinasi ini sebanyak 426 orang dengan 82 Bamus se-Agam. Peserta terdiri dari Kasi Pemerintahan sebanyak 16 orang dan unsur Bamus 410 yang dibagi untuk tujuh tahap pelaksanaan selama Oktober sampai November 2016 .

 

Menurutnya, pada tahap pertama ini peserta sebanyak 65 orang dari 13 nagari yang berasal dari Kecamatan Malalak, Matur dan Tanjung Mutiara. Sementara tahap kedua dilaksanakan di aula kantor Bupati Agam dan aula kantor Walinagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu.

 

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya, meminta Bamus bisa bersinergi dengan lembaga pemerintah nagari untuk berjalannya roda pemerintahan seperti yang diharapkan.

 

Sejalan dengan itu, Pemkab Agam bersama DPRD terus memperbaharui Undang-undang Desa guna penyempurnaan struktur yang lebih baik.

 

"Saya minta Bamus agar bekerja lebih proporsional dan profesional. Rencanakan, rumuskan dan awasi aspirasi masyarakat yang telah dilaksanakan oleh walinagari, serta ciptakan aturan sesuai dengan kebutuhan dan masalah dalam suatu nagari tersebut," tegas bupati.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: