23 Februari 2017

-

Membuka Secara Resmi Sekaligus Mengukuhkan Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab. Agam

-

Pengukuhan Pengurus Forikan Periode Th. 2017 - 2019

» jadwal kegiatan lainnya

Kamis, 23 Februari 2017 / 26 Jumadil Awwal 1438 H
Berita Detil

Rabu, 12/10/2016  12:32 WIB

Keltan Garuda Muda Kamang Magek Olah Satu Hektar Lahan Tidur

KeltanGarudaMudaKamangMagekOlahSatuHektarLahanTidur

Kelompok Tani (Keltan) Garuda Muda, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, mengolah lahan tidur seluas satu hektare menjadi produktif dalam menyikapi program Agam Menyemai.

 

"Ini membuktikan kalau masyarakat termotivasi dengan program tersebut dalam meningkatkan perekonomiannya dibidang pertanian dan perkebunan," kata Camat Kamang Magek Surya Wendri.

 

Lahan seluas satu hektar ini digarap secara berkelompok dengan beranggotakan 25 orang. Mereka ini berasal dari nagari-nagari di kecamatan itu dan kelompk ini menanam bawang merah.

 

Lahan seluas satu hektar ini ditanami umbi bawang merah sebanyak 700 kg, dan menghasilkan delapan hingga 12 ton bawang saat panen dan mereka memanen tiga kali setahun.

 

"Kelompok tani ini merupakan generasi muda yang tergabung dalam sekolah lapangan Good Agriculture Practise dan berinisiatif memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian," katanya.

 

Tidak hanya bertanam bawang, Keltan ini juga  menanam holtikultura lain seperti, jagung, cabe, timun dan lainnya.

 

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Afdal, mengatakan, ini sebuah terobosan dari petani karena bawang merah yang awalnya dikembangkan pada dataran rendah, sekarang dengan varietas yang berbeda bisa dikembangkan di dataran tinggi.

Saat ini ada seluas 21 hektar lahan bawang merah yang tersebar di Kecamatan Kamang Magek,  Tilatang Kamang, Baso, Banuhampu dan IV Koto.

 

Menurut Afdal, masyarakat sangat termotivasi dengan program Agam Menyemai yang merupakan inovasi Bupati Agam Indra Catri, sehingga lahan yang sebelumnya tidak pernah digarap saat ini memberi nilai ekonomis bagi masyarakat.

 

"Mudah-mudahan program ini selalau disikapi dengan baik oleh masyarakat, agar bisa meningkatkan perekonomian mereka," harap Afdal.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: