Kamis, 19 Januari 2017 / 20 Rabiul Akhir 1438 H
Berita Detil

Rabu, 28/09/2016  11:30 WIB

Dinkes Agam Turunkan Tim Lihat Keberhasilan Filariasis

DinkesAgamTurunkanTimLihatKeberhasilanFilariasis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, menurunkan tim untuk melakukan pengambilan sampel guna melihat sejauh mana keberhasilan pengobatan kaki gajah atau filariasis di wilayah itu.

 

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan Agam, Hendri Rusdian, Rabu (28/9) di Lubuk Basung, mengatakan, pengambilan sampel ini telah dimulai pada 20 sampai 30 September 2016 yang dilakukan petugas Dinkes Agam, dibantu Dinkes Sumbar dan petugas kesehatan Puskesmas. 

 

"Pengambilan sampel darah ini dilakukan di 40 SD dengan jumlah siswa sebanyak 2.012 orang," terangnya.

 

Ke 40 siswa yang terpilih ini tersebar di 16 kecamatan dan sekolah itu ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan secara acak, Sampel darah pada jari yang diambil itu langsung diperiksa menggunakan rapid tes, untuk melihat apakah ada atau tidak cacing filariasis penyebab kaki gajah berada di dalam tubuh siswa tersebut.

 

"Kita berharap hasil pemeriksaan darah ini dapat selesai dan bisa mengetahui hasilnya segera," katanya.

Ia menjelaskan, ini merupakan tindaklanjut dari tingkat keberhasilan pemberian obat kaki gajah yang dilakukan pada 2013 kepada 295.753 warga yang tersebar di 82 nagari di daerah itu.

 

Sebelumnya tujuan pengobatan massal ini untuk memutus mata rantai penularan penyakit kaki gajah di Kabupaten Agam, karena inkubasi penyakit tersebut berkembang mulai dari dua sampai 15 tahun ke depan.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: