31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Senin, 11 Desember 2017 / 22 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Kamis, 28/01/2016  14:39 WIB

Forum UMKM Agam Resmi Dibentuk

ForumUMKMAgamResmiDibentuk

Forum UMKM Kabupaten Agam telah resmi dibentuk. Satu-satunya forum usaha yang baru terbentuk di Sumbar itu dibuka oleh Pj. Bupati Agam Jefrinal Arifin, di aula kantor bupati setempat, Selasa (26/1).


"Saya menyambut baik terbentuknya forum UMKM ini. Semoga melalui forum ini bisa melahirkan inovasi-inovasi baru dalam membaca perkembangan dunia usaha, sehingga bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya, apalagi saat ini kita sudah memasuki ekonomi asean," pinta Pj. bupati.

Jefrinal, menjelaskan dengan potensi pelaku usaha yang cukup banyak di Agam, maka juga akan mempermudah untuk bersaing dipangsa pasar. Hanya saja, saat ini menurutnya, para pelaku usaha tersebut sebagian belum memiliki legitas usaha yang jelas, sehingga terhambat dalam masalah pemasaran.

"Keberhasilan sebuah usaha itu tergantung bagaimana kehebatan kita dalam memasarkannya, disamping kita juga menyiapkan kemasan produk yang bagus dan menarik," jelasnya.

Jefrinal, menambahkan pada 2015 Pemkab Agam telah menerbitkan 1.046 izin usaha mikro kecil untuk berbagai jenis usaha yang tersebar di 16 kecamatan. "Kita berharap 2016 ini penerbitan izin usaha mikro kecil akan tetap berlanjut sehingga pada gilirannya UMKM yang ada di agam mempunyai izin," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Jabanur, mengatakan tujuan dibentuknya forum UMKM kabupaten sebagai wadah pemersatu pelaku usaha di kecamatan agar bisa lebih memudahkan akses pembinaan UMKM bagi instansi terkait serta memudahkan dalam melakukan penyuluhan.

"Disamping itu dengan adanya forum ini, juga memberikan peluang bagi kita untuk memperoleh bantuan pusat layanan terpadu koperasi dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah," terangnya.

Adapun jumlah UMKM di Kabupaten Agam sebanyak, 14.203 orang. Dengan rincian, pelaku usaha mikro sebanyak 11.896 orang, pelaku usaha kecil sebanyak 2.222 orang dan pelaku usaha menengah sebanyak 85 orang.

 Disajikan Oleh :
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: